Tipe Hotel Berdasarkan Maksud Kunjungan
a. Business
hotel
Hotel yang tamunya sebagain besar berbisnis, disini
biasanya menyediakan ruang-ruang meeting dan convensi.
b. Resort/Tourism Hotel
Hotel yang kebanyakan tamunya adalah para wisatawan, baik domestik maupun manca negara.
c. Casino hotel
Adalah hotel yang sebagain tempatnya berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan berjudi.
d. Pilgrim hotel
Hotel yang sebagain tempatnya berfungsi sebagai fasilitas beribadah. Seperti hotel-hotel di arab (pada saat musim haji) dan Lourdes di perancis.
e. Cure Hotel
Adalah hotel yang tamu – tamuny aadalah tamu yang sedang dalam proses pengobatan atau penyembuhan dari suatu penyakit.
Tipe Hotel berdasarkan Faktor Lamanya Tamu Menginap
a. Transit
hotel
Tamu yang menginap dihotel ini biasanya dalam waktu yang singkat, rata-rata satu malam
Tamu yang menginap dihotel ini biasanya dalam waktu yang singkat, rata-rata satu malam
b. Semi residential hotel
Tamu yang menginap di hotel ini biasanya lebih dari satu malam, tetapi jangka waktu menginap tetap singkat, berkisar antara 1 minggu sd. 1 bulan.
c. Residential hotel
Tamu yang menginap dihotel ini cukup lama, paling sedikit satu bulan.
Tipe Hotel berdasarkan Jenis Tamu
Jenis-jenis tamu yang menginap disini
artinya bahwa darimana asal usulnya mereka menginap dan latar belakangnya:
a. Familiy
Hotel
Adalah tamu yang menginap bersama keluarganya
Adalah tamu yang menginap bersama keluarganya
Tipe
Hotel berdasarkan Aspek Bentuk Bangunan
a. Pondok
Wisata
Merupakan suatu usaha perseorangan dengan
mempergunakan sebagian dari rumah tinggalnya untuk
inapan bagi setiap orang dengan perhitungan pembayaran
harian.
b.
Cottage
Adalah suatu bentuk
bangunan yang dipergunakan untuk usaha pelayanan
akomodasi dengan fasilitas-fasilitas tambahan lainnya. Fasilitas tambahan yang
dimaksud bisa berupa peminjaman sepeda secara gratis, atau fasilitas dayung
apabila cottage terletak di tepi danau.
c. Motel
(Motor Hotel)
Adalah suatu bentuk bangunan yang digunakan
untuk usaha perhotelan dengan sarana tambahan adanya
garasi disetiap kamarnya. Biasanya motel ini bertingkat dua,
bagian atas sebagai kamar, dan dibagian bawah berupa garasi mobil.
Tipe
Hotel berdasarkan Wujud
Fisik
a.
Produk nyata (tangible)
1.
Lokasi
Lokasi yang yang
dibutuhkan oleh wisatawan adalah lokasi
yang strategis dan memiliki nilai-nilai ekonomis yang tinggi , seperti
lokasi yang dekat dengan bandar udara, stasiun kereta api, pelabuhan, pusat
bisnis, atraksi wisata sehingga memberikan kemudahan tamu untuk mengakses
aktivitas lain diluar hotel.
2.
Fasilitas
Fasilitas adalah penyediaan perlengkapan
phisik yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu serta
dapat mempermudah tamu melaksanakan aktivitas selama tinggal di
hotel. Fasilitas itu dapat berupa:
Kamar dengan
perlengkapannya seperti air conditioning, Colour TV with in house movie and
international chanel, Safe Deposit Box, Hot and Cold water, Minibar,
International Direct Dialing telephone, Private bathroom with bathtub and
shower, Tea & Coffee making facility, Hair dryer.
•
Kamar untuk orang cacat/disable room
• Kamar bebas asap rokok dengan kelengkapannya
• Restoran dan bar dengan berbagai jenis produk makanan dan minuman
• Pelayanan makan dan minuman di dalam kamar
• Pusat bisnis dan sekretaris
• Pusat kebugaran
• Kolam renang
• Ballroom/aula
• Safe Deposit Box/brankas
• Laundry dan dry cleaning/binatu
• Fasilitas hiburan , seperti musik, karaoke
• Fasilitas taman bermain untuk anak-anak/Children play ground
• Baby sitting/layanan pengasuhan anak
• Hotel transportation/kendaraan antar jemput
• Valet parking service/pelayanan memarkirkan kendaraan
• Area parkir yang luas
• Foreign exchange facilities/fasilitas penukaran mata uang asing
• Beauty salon/ salon
• Drug store/toko yang menjual kebutuan sehari-hari
• House clinic/klinik kesehatan
• Kamar bebas asap rokok dengan kelengkapannya
• Restoran dan bar dengan berbagai jenis produk makanan dan minuman
• Pelayanan makan dan minuman di dalam kamar
• Pusat bisnis dan sekretaris
• Pusat kebugaran
• Kolam renang
• Ballroom/aula
• Safe Deposit Box/brankas
• Laundry dan dry cleaning/binatu
• Fasilitas hiburan , seperti musik, karaoke
• Fasilitas taman bermain untuk anak-anak/Children play ground
• Baby sitting/layanan pengasuhan anak
• Hotel transportation/kendaraan antar jemput
• Valet parking service/pelayanan memarkirkan kendaraan
• Area parkir yang luas
• Foreign exchange facilities/fasilitas penukaran mata uang asing
• Beauty salon/ salon
• Drug store/toko yang menjual kebutuan sehari-hari
• House clinic/klinik kesehatan
b. Produk tidak nyata(intangible)
Produk tidak nyata adalah segala sesuatu yang berkaitan pelayanan dan pembentukan citra suatu produk dan hotel. Di dalam bisnis perhotelan intangible diberikan bersamaan dengan penjualan produk tangible.
Rasa bersahabat, sopan santun, keramahtamahan dan rasa hormat dari seluruh karyawan merupakan salah satu contoh produk intangible yang sederhana tetapi sangat berdampak pada pembentukan citra hotel.
Agar fasilitas
yang disediakan oleh hotel dapat berfungsi,
mak adisertai dengan pelayanan, adapun pelayanan tersebut dapat
berupa:corak/gaya pelayanan yang diberikan oleh para karyawan, pelayanan dapat
juga berupa waktu buka restoran, pelayanan kebersihan kamar,pelayanan dan
penyajian makanan dan minuman di restoran. Pada era ini persaingan bisnis
perhotelan yang paling ketat adalah kemampuan hotel untuk memberikan pelayanan
yang terbaik.
Beberapa hal yang menyebabkan pelayanan dikatakan berkualitas, menurut Murdick dkk.(1990:4) yaitu: “Suatu aktivitas ekonomi yang memproduksi/menghasilkan waktu, tempat, bentuk dan kebutuhan atau keperluan psikologis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar